Saturday, April 19, 2008

Kesalahan Perhitungan Aritmatika Pada Beberapa Program Kalkulator

Evaluasi terhadap suatu operasi aritmatika yang sederhana ternyata dapat menimbulkan suatu kesulitan tersendiri sehingga beberapa program kalkulator tidak dapat melakukan perhitungan dengan benar.

Pengujian pertama yang penulis lakukan terhadap beberapa program kalkulator adalah suatu perhitungan aritmatika sederhana yaitu -52. Sesuai dengan kaidah dalam ilmu matematika maupun ilmu komputer, maka operator pemangkatan mempunyai tingkatan lebih tinggi daripada operator negatif sehingga hasil dari perhitungan terhadap -52 adalah -25, bukan 25. Harap diperhatikan bahwa notasi matematika untuk pemangkatan terhadap bilangan -5 adalah (-5)2.

Pengujian selanjutnya adalah dengan menggunakan ekspresi matematika y = -x2, dimana x = 5. Pengujian ini adalah ekuivalen dengan pengujian yang pertama, namun dari segi notasi matematika adalah lebih jelas.

Untuk pengujian pertama, program kalkulator yang diuji adalah PowerToy Calc, SpeedCrunch, Calculator Prompter, Console Calculator dan SpeQ. Kemudian untuk pengujian kedua, program Calculator Prompter tidak dapat digunakan karena program tersebut tidak menyediakan fasilitas untuk menyimpan suatu nilai dalam suatu variabel.

Pada pengujian pertama program kalkulator PowerToy Calc dan SpeedCrunch memberikan hasil yang salah, kemudian pada pengujian kedua hanya program SpeedCrunch yang memberikan hasil perhitungan yang salah.

Menurut dugaan penulis, kesalahan yang terjadi pada beberapa program komputer karena disebabkan oleh operator minus (-) dalam operasi aritmatika mempunyai dua fungsi yaitu sebagai operator pengurangan dan tanda untuk bilangan negatif. Pada pengujian pertama hasil perhitungan yang salah disebabkan karena program PowerToy Calc dan SpeedCrunch mengevaluasi ekspresi -52 sebagai operasi pemangkatan dari bilangan -5 atau dengan notasi matematika yaitu (-5)2.

Pada pengujian kedua, kesalahan perhitungan yang terjadi adalah cukup fatal, karena program SpeedCrunch melakukan evaluasi terlebih dahulu terhadap operator minus baru kemudian melakukan evaluasi terhadap operator pemangkatan atau dengan notasi matematika yaitu (-x)2.

No comments:

Anda Pengunjung ke